RESEP MENGHASILKAN BATIK EMBOS UNTUK PEMULA

Bejibun hal bisa Anda lakukan untuk melestarikan budaya Indonesia, salah satunya adalah dengan usaha memahirkan membuat batik. Membatik merupakan kerajianan yang bisa dilakukan oleh siapa aja tanpa melihat umur, malahan Melukis batik ini bisa Anda jadikan bagai salah satu catatan list kesibukan Anda dalam mengisi waktu libur supaya lebih berguna serta bermanfaat. Benar-benar Membuat batik bukan kegiatan yang gampang apalagi untuk Kamu seorang newbie. Karena membutuhkan ketekunan yang ekstra, ketekunan dan keuletan waktu proses membatik ini. Cara membuat Batik Embos seharusnya sama dengan Mode pembuatan batik pada dasarnya hanya saja yang membedakannya ialah pada tekanan suhu sehingga akan mendapatkan tekstur yang timbul bisa dikatakan tiga dimensi. Tapi tidak khawatir karena memiliki beberapa kiat membatik yang bisa Kita kerjakan sebagai seorang newbie.

Cara Satu: Mengenali Alat dan Bahan
Sebelum Kita melanjutkan berlatih membatik ada benarnya Kalian terlebih dahulu mengenal beberapa tools dan bahan yang dipakai pada saat Proses membatik tersebut. contohnya alat berupa canting yang rata-rata dikenakan untuk pola batik tulis. Canting ini difungsikan hampir sama dengan pensil atau juga pulpen yang terbiasa digunakan saat memola dan juga membuat corak. Alat lainnya yang biasa digunakan pada Metode membatik ialah kompor listrik dan wajan kecil. Fungsinya ialah untuk mencairkan malam yang masih padat agar mencair yang suatu saat akan dipakai sebagai tinta dalam menulis atau menggambar pada kain mori. Adapun bahan baku yang dikenakan pada saat Mode pengerjaan Batik Embos yaitu malam dan lilin yang dipakai sebagai tinta. Ada juga pewarnaan batik yang digunakan biasa memakai pewarna kimia ataupun alami. Untuk jenis kain yang dipakai dalam membikin Batik Embos yakni jenis kain katun, karena kain jenis ini akan lebih [mudah|gampang} ditarik dan kelenturan yang diinginkan akan lebih mudah menonjol.

Resep Kedua: Mengenal Motif dan Corak Selama Membatik

Selama membuat motif batik juga tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa motif yang hanya boleh digunakan sama kalangan tertentu saja. Seperti corak Sida Mukti yang maknanya makmur, biasanya motif ini hanya dikenakan untuk kalangan keluarga keraton aja. Ada juga beberapa corak yang dianggap sangat sakral dan harus boleh dikenakan pada peristiwa dan acara tertentu saja. Ada juga pola Parang yang biasanya dikenakan pada saat menghadiri acara pesta. Corak Wahyu Tumurun yang rata-rata dikenakan pada saat agenda naik tahta. Adapun corak Kawung rata-rata dipakai untuk mendatangi upacara penguburan. Dan motif-motif ini hanya diperbolehkan dikenakan sama keluarga dari kalangan keraton saja, dan untuk rakyat biasa mereka juga dibolehkan mengenakan batik namun diluar dari yang disebutkan diatas.

Tips Ketiga: Prosedur Pembuatan Batik Embos
Setelah Anda mengetaui alat dan bahan serta pola dalam membatik, saat ini langkah lanjutan yang kudu Kalian kerjakan ialah membuat pola pada kain mori atau disebut kain katun. mulanya pola yang Kalian gambar tersebut diharuskan memakai pensil hal ini agar menggampangkan Kalian untuk mengambar pola itu dengan memakai canting nantinya. Biasanya pembuatan motif dengan memanfaatkan pensil ini dikenal dengan molani. Saat Kamu finis membuat pola, dan langkah seterusnya Kalian harus menggambar kain katun itu dengan mengunakan malam atau lilin yang sudah dipanaskan terlebih duluan dalam kompor listrik dengan memakai canting dan harus mengikuti motif yang sebelumnya telah Anda buat dengan menggunakan pensil. dan tutup bagian yang ingin Kita warnai dengan lilin atau malam.

WhatsApp: 081316575869

Telepon: 085211722399

BBM: D5FACA30

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *